0822 9191 2526
7:15-16:00 Wita / Sabtu-Minggu Libur
Hubungi Kami

0822 9191 2526

Jam Kerja

7.15 - 16.00 Wita

Gladi Bersih Usai, Smansel Siap Gelar UNBK 2020

SMANSELKUTIM.SCH.ID – Sangatta. Selasa, 25/2/2020. Sejak 2017 lalu hingga kini untuk keempat kalinya SMAN 1 Sangatta Selatan sukses menggelar Simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) secara mandiri. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari persiapan pelaksanaan UNBK yang akan digelar pada bulan April 2020 mendatang.

Tercatat sebanyak 145 peserta mengikuti Gladi Bersih UNBK tahap II ini yang dimulai sejak Senin 24-25 Februari 2020. Dari sekian jumlah peserta tersebut dalam pelaksanaannya dibagi menjadi 3 sesi. Sesi 1 dimulai pukul 07.30 hingga 08.30, sesi 2 pukul 10.30 – 11.30 dan sesi 3 pukul 14.00 – 15.00 Wita. Hari pertama digelar ujian untuk mata pelajaran Bahasa Inggris, sedangkan pada hari kedua untuk mata pelajaran pilihan.

Suasana Gladi Bersih UNBK SMANSeL Hari Pertama

Materi ujian dalam kegiatan Gladi Bersih UNBK kali ini agak berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada tahun sebelumnya Kemendikbud hanya mengujikan specimen soal-soal UNBK untuk dua mata pelajaran, yaitu mata pelajaran pilihan dan Bahasa Inggris, sedangkan tahun 2020 ini pada hari kedua selain ujian mata pelajaran yang berdurasi 60 menit juga disertakan mata ujian berupa materi uji coba AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) sebanyak 12 soal dengan durasi waktu maksimal 30 menit, dan materi Angket sebanyak 16 soal dengan durasi waktu maksimal 30 menit pula.

Gladi Bersih UNBK Hari Pertama Mapel Bahasa Inggris

Sedikit gambaran, AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) adalah model soal-soal yang kelak diberlakukan tahun 2021 yang berkaitan dengan soal-soal HOTs dan critical thinking di bidang literasi dan numerasi. Sedangkan Angket yang disertakan dalam gladi bersih UNBK hari kedua berkaitan dengan soal-soal tentang bagaimana kualitas interaksi antara siswa dan guru, siswa dan orangtua serta soal-soal yang berkaitan dengan kondisi ekonomi keluarga siswa dan cita-cita siswa kedepannya.

Gladi Bersih Mapel Pilihan Hari Kedua

Pada hari pertama semua peserta dapat hadir secara lengkap meskipun terdapat satu atau dua siswa yang datang terlambat. Juga pada hari kedua semua peserta dapat hadir mengikuti simulasi. Terdapat sedikit kendala dalam pelaksanaan Gladi Bersih UNBK di SMAN 1 Sangatta Selatan tahun ini, misalnya pada saat proses sinkroniasi memakan waktu yang sangat lama karena jaringan internet yang tidak menentu.

Proses sinkronisasi dimulai hari Sabtu, 22 Februari 2020 siang hari pukul 11.30 hingga berarkhir malam pukul 23.00 Wita untuk server pertama dan pukul 05.00 Wita dini hari untuk server kedua. Sementara pada saat hari pelaksanaan gladi bersih juga terjadi fluktuasi jaringan internet di sekolah sehingga proses pelaksanaan gladi bersih agak berjalan lambat berbeda dari tahun sebelumnya. Meskipun demikian pelaksanaan Gladi Bersih UNBK di SMAN 1 Sangatta Selatan dapat berjalan dengan lancar.

“Secara umum pelaksanaan Gladi Bersih UNBK di SMANSeL tahun 2020 ini sudah berjalan dengan baik, hanya saja faktor jaringan internet yang agak lambat sehingga sedikit berpengaruh terhadap kecepatan kinerja simulasi kali ini, misalnya masalah uploading dan loading yang agak lambat” kata Riki, asisten operator Gladi Bersih UNBK SMANSel.

Melalui pelaksanaan kegiatan Gladi Bersih UNBK keempat kali ini, diharapkan semua siswa mendapatkan pengalaman teknis yang baik sehingga pada saat mengikuti kegiatan UNBK yang akan digelar bulan April nantinya tidak menemui kesulitan lagi. Di samping itu melalui kegiatan ini, siswa juga memperoleh pengalaman psikologis untuk menghadapi UNBK yang akan digelar serentak pada bulan April nantinya.

Suksesnya pelaksanaan Gladi Bersih UNBK di SMAN 1 Sangatta Selatan ini tidak lepas dari inisiatif Kepala Sekolah SMANSeL, Tatik Widayani, M.Pd yang sejak jauh hari telah turut mempersiapkan teknis pelaksanaan gladi bersih UNBK dengan dibantu Irwansyah, S.Pi selaku Operator Dapodik, Imam Hanafie, MA, Waka Kurikulum dan Abdul Razaq, S.Or (Waka Kesiswaan) serta M. Rikiansyah, Staf Perpustakaan SMANSeL yang juga asisten Teknisi Gladi Bersih UNBK SMANSel.

Irwansyah, SPi yang juga Operator Dapodik SMAN 1 Sangatta Selatan, meskipun pada hari pelaksanaan Gladi Bersih UNBK tidak dapat mengawal secara fisik jalannya gladi bersih UNBK karena harus mengikuti kegiatan workshop Dapodik yang diadakan Disdik Provinsi Kalimantan Timur, namun dengan komunikasi yang tetap terjalin mengantarkan pelaksanaan gladi bersih UNBK di SMANSeL dapat berjalan dengan baik dan lancar.(Admin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Arsip
Kategori

Visi SMANSeL: "Terwujudnya Insan Yang Cerdas, Religius dan Berbudaya"