0822 9191 2526
7:15-16:00 Wita / Sabtu-Minggu Libur
Hubungi Kami

0822 9191 2526

Jam Kerja

7.15 - 16.00 Wita

Pandemi, Bukti Siswa Menguasai Teknologi

Pandemi, Bukti Siswa Menguasai Teknologi

*Oleh : Dewi Meizun, M.Pd

 

Sejak pandemi Covid-19 melanda hampir seluruh negara di dunia, tak terlepas juga Indonesia, pengajaran dilakukan secara daring (dalam jaringan). Pembelajaran jarak jauh ini diterapkan karena adanya anjuran dari pemerintah untuk melakukan Social Distancing. Satuan pendidikan menginstruksikan kepada para guru untuk melaksanakan pembelajaran secara daring. Manuver pengajaran dari tatap muka menjadi tatap maya menjadikan sebagian guru untuk mencari aplikasi atau media sosial yang mudah untuk mendukung pembelajaran. Kebebasan dalam menggunakan media sosial dan aplikasi pembelajaran diberikan sepenuhnya kepada para pendidik agar dapat diterapkan dalam proses pembelajaran. Guru diharapkan “melek” teknologi untuk meningkatkan kreatifitas dalam mengembangkan media dalam pengajaran secara virtual.

Berbagai aplikasi pembelajaran mulai banyak dikembangkan oleh pengembang teknologi. Aplikasi pembelajaran itu dapat didapatkan baik secara gratis maupun berbayar. Setiap sekolah bebas memilih aplikasi yang sesuai untuk menerapkan pembelajaran. Berbagai webinar tentang penggunaan aplikasi pembelajaran menjamur diberbagai sosial media. Tutorial-tutorial penggunaan aplikasi pendukung pembelajaran secara daring juga dapat dilihat secara gratis di channel youtube maupun media sosial lainnya.

Pembelajaran secara virtual membutuhkan persiapan yang luar biasa bagi guru agar dapat mengemas pembelajaran dengan sangat menarik. Terlepas dari itu semua, bahwa para siswa secara tidak langsung telah mulai mengenal teknologi dengan belajar melalui aplikasi pembelajaran. Berbagai media interaktif yang diterapkan oleh guru juga dapat mendukung peningkatan penguasaan siswa terhadap perkembangan teknologi. Mau tidak mau para siswa harus mampu menyelesaikan semua tugas yang diberikan oleh guru dan mengirimnya kembali.

Pandemi yang belum berlalu sejak bulan Maret 2020 hingga saat ini telah membawa dampak yang cukup besar. Setiap aktifitas dilakukan dari rumah. Tidak membutuhkan ruang untuk bertemu, berdiskusi, dan berbagi. Semuanya dapat dilakukan secara virtual dengan mudah dan cepat. Pembelajaran jarak jauh yang diterapkan dengan berbasis online juga membawa banyak dampak positif bagi guru maupun siswa. Diantara dampak positif yang dirasakan oleh guru adalah guru dapat menguasai berbagai aplikasi pendukung pembelajaran, mengenal dan menguasai media interaktif pembelajaran, mengikuti perkembangan teknologi. Sedangkan dampak positif yang dapat dirasakan oleh siswa adalah siswa dapat mengekplorasi pengetahuan melalui sistem informasi yang dapat diakses dengan mudah, mengenal dan menguasai teknologi yang mendukung mereka dalam belajar.

Berdasarkan aktifitas dalam pengajaran yang saya lakukan menggunakan aplikasi Microsoft Teams, terlihat bahwa para siswa telah dapat menggunakan dan menguasai aplikasi Microsoft Teams dengan baik. Menyajikan materi, berdiskusi, berbagi konten, meeting virtual dan menggunakan fitur-fitur pendukung dalam Microsoft Teams yang memudahkan mereka dalam belajar adalah bukti bahwa mereka dapat dengan mudah menguasai teknologi. Berikut adalah beberapa kegiatan siswa dalam kegiatan pembelajaran secara daring dengan menggunakan Microsoft Teams.

  • Diskusi dalam kelompok

    Meskipun pembelajaran dilakukan secara daring, namun siswa tetap dapat melakukan diskusi secara aktif dengan masing-masing kelompoknya, dan bertukar pikiran untuk menyelesaikan masalah dalam pembelajaran selayaknya diskusi dalam kelas tatap muka. Semua aktifitas mereka dapat dipantau dan catatan selama diskusi dapat terekam dan tidak akan hilang serta dapat dibuka kembali sewaktu-waktu.

  • Live meeting dengan kelompok
  • Menggunakan Papan Tulis Virtual

Tanpa perlu belajar dengan lama untuk menguasai semua fitur, para siswa telah dapat menuliskan jawaban dan hasil diskusi dengan menggunakan papan tulis virtual yang disediakan oleh Microsoft Teams.

Demikian di atas adalah beberapa contoh penguasaan siswa terhadap teknologi pembelajaran. Pembelajaran jarak jauh dan wabah pandemi telah membawa banyak perubahan dalam bidang pendidikan dan teknologi baik bagi guru maupun siswa, dan orang-orang yang terlibat dalam pekerjaan yang dilakukan secara virtual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Arsip
Kategori

Visi SMANSeL: "Terwujudnya Insan Yang Cerdas, Religius dan Berbudaya"