Terima Hangat Kunjungan YPPSB, SMANSeL Siap Jalin Kerjasama

SMANSELKUTIM.SCH.IDSangatta. Selasa, 25/8/2020, Merupakan momen yang istimewa bagi keluarga besar SMANSeL. Untuk pertama kalinya SMAN 1 Sangatta Selatan menerima kunjungan kerja dari beberapa lembaga pendidikan di Sangatta, yakni SD dan SMP YPPSB Sangatta. Kunjungan kerja ini diawali dengan penyampaian surat permohonan dari pihak YPPSB Nomor 468/1-.d-YPPSB/VIII/2020 tertanggal 24 Agustus 2020 yang ditandatangani oleh Bapak Syafi’I, M.Pd selaku manajer Riset Strategi dan Pengembangan (RSP) YPPSB.

Pak Rubito, Kepsek SMANSeL saat memberikan sambutan. doc.@Eviediau

Kunjungan kerja ini diselenggarakan dalam rangka studi banding server Dapodik dan E-Raport yang tujuan utamanya adalah untuk berbagi pengalaman dari SMANSeL perihal pengelolaan server untuk dapodik dan E-raport yang tak lama lagi akan diterapkan di lingkungan SD maupun SMP yang bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Prima Swarga Bara (YPPSB).

Pak Rubito mempersilahkan tamu dari YPPSB. doc.@Eviediau

Turut serta dalam kunjungan ini dari pihak YPPSB sebanyak 20 personil yang terdiri dari pihak yayasan, SD 1, SD 2 dan SD 3 YPPSB serta SMP YPPSB, di mana masing-masing unit diwakili oleh kepala sekolah, waka kurikulum, operator dapodik dan 1 orang guru. Rombongan tamu dari YPPSB dalam kegiatan kunjungan ini dipimpin langsung Bapak Drs. Wariadi, M.Pd selaku manajer pendidikan YPPSB. Sedangkan tamu dari Disdik Kabupaten diwakili oleh Bapak Rofik, M.Pd.

Para tamu cuci tangan sebelum memasuki ruangan. doc.@Eviediau

Rombongan tamu kunjungan kerja dari YPPSB tiba di SMANSeL kurang lebih pukul 11.00 Wita setelah sebelumnya melakukan kegiatan serupa di SMAN 1 Sangatta Utara. Setiba di SMANSeL para tamu disambut dengan hangat oleh kepala sekolah, Bapak Rubito beserta jajaran guru dan staf SMANSeL yang sejak pagi sudah bersiap-siap menunggu kehadiran tamu dari YPPSB.

Para tamu mengisi buku tamu. doc.@Eviediau

Momen kunjungan istimewa dari YPPSB ini diawali dengan penerimaan tamu dari pihak SMANSeL dengan menerapkan protokol kesehatan yakni cek suhu tubuh dan cuci tangan di tempat yang sudah tersedia, dilanjutkan dengan makan ringan bersama saat para tamu memasuki ruang pertemuan. Selanjutnya para tamu disuguhi tayangan video visi dan misi SMANSeL serta lagu Indonesia Pusaka hasil kolaborasi para guru dan staf SMANSeL.

Menyantap makanan ringan sebelum acara dimulai. doc.@Eviediau

Acara dibuka oleh MC, ibu Latifatu Rahmi, S.Pd selanjutnya pembacaan doa bersama yang dipimpin oleh Bapak Imam Hanafie, MA selaku waka kurikulum SMANSeL, dilanjutkan dengan kata sambutan tuan rumah yang disampaikan oleh Bapak Rubito, M.Pd selaku kepala SMAN 1 Sangatta Selatan.

Pak Imam memaparkan kilas sejarah penerapan E-Raport di SMANSeL. doc.@Eviediau

Dalam sambutannya selaku tuan rumah, Bapak Rubito mengungkapkan kegembiraannya karena mendapatkan kehormatan berupa kunjungan dari YPPSB yang mana kunjungan semacam ini belum pernah ada sebelumnya. “Saya merasa terhormat menerima kunjungan dari bapak-Ibu dari YPPSB, semoga kunjungan ini membawa manfaat bagi kemajuan bersama sekolah kita” ujar Pak Rubito.

Pak Irwan, Operator Dapodik-E-Raport saat memaparkan teknis penerapan di lapangan. doc.@Eviediau

Saat penyampaian kata sambutan, dari pihak YPPSB diwakili oleh Bapak Wariadi selaku manajer pendidikan YPPSB. Dalam sambutannya beliau menyampaikan keinginan dari pihak YPPSB untuk menjalin kerjasama dalam hal sharing informasi terkait pengelolaan server untuk dapodik dan e-raport yang akan diberlakukan dalam institusi pendidikan YPPSB baik SD maupun SMP YPPSB.

Para tamu dari YPPSB antusias mengikuti jalannya pertemuan. doc.@Eviediau

Dalam kegiatan kunjungan YPPSB ke SMANSeL ini, sebagai pembicara pihak SMANSeL diwakili oleh Pak Irwansyah, S.Pi selaku operator dapodik/e-raport dan pak Imam Hanafie, MA selaku waka kurikulum. Dalam pertemuan ini, Pak Imam menjelaskan sekilas tentang sejarah penerapan E-rapor yang telah dirintis oleh SMANSeL sejak tahun 2016 hingga tahun 2020 berikut pengalaman teknis pelaksanaannya di lapangan. Sedangkan Pak Irwan memaparkan tentang teknis pengelolaan server dapodik dan E-Raport berdasarkan teknis praktek lapangan yang telah diterapkan di SMANSeL.

Pasukan penerima tamu SMANSeL. doc.@Eviediau

“Dalam pengelolaan secara teknis e-rapor dan Dapodik, idealnya dalam satu lembaga pendidikan menggunakan 1 buah server, jadi 1 server tidak bisa dipakai untuk 2 institusi pendidikan, karena aplikasi dapodik hanya bisa digunakan untuk satu sekolah saja” tegas pak Irwan. Acara kunjungan ini berakhir sekira pukul 12.30 wita, diakhiri dengan santap siang bersama dan sebagian shalat berjamaah di Mushola Ulul Albab SMANSeL. (Admin)

smanselkutim@gmail.com

Smanselkutim is a State of Senior High School located in Sangatta

2 tanggapan untuk “Terima Hangat Kunjungan YPPSB, SMANSeL Siap Jalin Kerjasama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.