0822 9191 2526
7:15-16:00 Wita / Sabtu-Minggu Libur
Hubungi Kami

0822 9191 2526

Jam Kerja

7.15 - 16.00 Wita

Semester Ganjil ini SMANSeL Terapkan E-Rapor untuk Kelas X

SMANSELKUTIM.SCH.ID Sangatta. Selasa, 20/12/2016, SMA Negeri 1 Sangatta Selatan mulai tahun pelajaran 2016/2017 ini telah memulakan proses pencetakan E-Rapor, khususnya untuk Kelas X sebagai bagian dari Program SMA Rujukan tahun 2016. Artinya mulai awal tahun pelajaran 2016/2017 semester gasal ini rapor hasil belajar siswa selama satu semester telah menggunakan aplikasi E-Rapor sebagai basis proses pencetakan rapor siswa.

Proses pencetakan E-Rapor ini sesuai amanat Permendikbud RI Nomor 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Menengah, dan Pemendikbud RI Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Mengacu pada peraturan tersebut, Direktorat Pembinaan SMA mengembangkan suatu aplikasi penilaian berbasis web yang disebut e-Rapor yang terintegrasi dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) agar dapat membantu pendidik dalam melaksanakan penilaian secara cepat dan akurat.

e-Rapor

Proses Cetak e-Rapor SMAN 1 Sangatta Selatan

Gerak cepat implementasi e-Rapor di SMA Negeri 1 Sangatta Selatan ini diawali dengan proses input nilai oleh para guru yang mengampu mata pelajaran pada kelas X, dimana proses input nilai ini dilaksanakan dengan menggunakan jaringan intranet sekolah yang terhubung ke masing-masing komputer para guru. Proses input nilai siswa yang dilakukan para guru SMA Negeri 1 Sangatta Selatan ini memerlukan waktu kurang lebih selama 1 Minggu lamanya, sedangkan proses pencetakannya ditargetkan dapat selesai selama 2 hari.

“Suksesnya kegiatan input nilai e-Rapor hingga selesainya proses pencetakannya tidak lepas dari kerjasama yang sangat kompak dari Bapak-Ibu Guru SMANSeL, sekaligus ketekunan dan kesabaran Bapak-Ibu guru SMANSeL juga sangat menentukan dalam hal ini.” Ujar Pak Irwan, Operator Dapodik SMANSeL.

e-Rapor

Proses Cetak e-Rapor: Pak Irwan dan Pak Razaq

Memang sepanjang pengamatan media ini, proses input nilai banyak menguras waktu dan pikiran para guru SMA Negeri 1 Sangatta Selatan meskipun terkendala banjir yang sempat melumpuhkan aktivitas belajar-mengajar di sekolah serta kendala masih minimnya fasilitas SMA Negeri 1 Sangatta Selatan yang notabene adalah sekolah rujukan. Bahkan di antara ibu guru ada yang rela bertahan di sekolah hingga malam hari hanya demi dapat menyekesaikan proses input nilai e-rapor yang setiap saat ditunggui Pak Irwan dengan penuh kesabaran.

“Terima kasih Bapak-Ibu Guru SMANSeL atas kerjasamanya sehingga penerapan e-Rapor semester ini bisa selesai dengan baik, semua ini tentunya juga tidak lepas dari arahan dari kepala sekolah, Ibu Tatik Widayani.” tutup Pak Irwan. (admin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Arsip
Kategori

Visi SMANSeL: "Terwujudnya Insan Yang Cerdas, Religius dan Berbudaya"