0822 9191 2526
7:15-16:00 Wita / Sabtu-Minggu Libur
Hubungi Kami

0822 9191 2526

Jam Kerja

7.15 - 16.00 Wita

Hamdallah, UNBK Hari Pertama SMANSeL Berjalan Lancar

SMANSELKUTIM.SCH.ID – Sangatta. Senin, 9/4/2018, untuk kedua kalinya di tahun pelajaran 2017/2018 ini SMAN 1 Sangatta Selatan (SMANSeL) menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) secara mandiri. Di hari pertama pada tahun kedua penyelenggaraan kegiatan UNBK di SMAN 1 Sangatta Selatan terbilang berjalan dengan lancar dan sukses, meskipun terdapat sedikir kendala teknis di awal pelaksanaannya.

Memang pada awal pelaksanaan UNBK di SMANSeL pada hari pertama, Senin, 9 April 2018 mengalami sedikit kendala sehingga pelaksanaan UNBK baru dapat dibuka pada pukul 08.00 Wita karena persoalan teknis, yaitu terputusnya jaringan LAN pada beberapa komputer client karena terdapat beberapa kabel LAN yang terlepas/longgar. Namun semua itu dapat teratasi dengan baik berkat kesigapan Teknisi UNBK, Irwansyah, SPi dan Muhammad Rikiansyah, asisten teknisi UNBK SMANSeL.

Suasana pelaksanaan UNBK hari pertama, Sesi I SMAN 1 Sangatta Selatan, Senin, 9 April 2018

Kegiatan UNBK di SMANSeL tahun ini diikuti oleh seluruh siswa kelas XII baik IPA maupun IPS yang kesemuanya berjumlah 140 siswa. Dengan rincian 3 kelas untuk program IPA dan 2 kelas untuk program IPS. Untuk siswa program IPA seluruhnya berjumlah 81 siswa dan program IPS berjumlah 59 siswa.

Suasana pelaksanaan UNBK hari pertama, Sesi I SMAN 1 Sangatta Selatan, Senin, 9 April 2018

Sebagaimana dijadwalkan, pada hari Senin, 9 April 2018, hari pertama UNBK dibuka dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia di mana dalam pelaksanaannya terbagi menjadi 2 ruangan dengan masing-masing 1 server, sedangkan untuk masing-masing ruangan dibagi lagi menjadi 3 sesi. Untuk sesi I dimulai pukul 07.30 – 09.30, sesi II pukul 10.30 – 12.30, dan sesi III pukul 14.00 – 16.00. Untuk hari Selasa 10 April mapel yang diujikan adalah Matematika, hari Rabu, 11 April 2018 mapel Bahasa Inggris, dan hari Kamis, 12 April 2018 mapel yang diujikan adalah mapel pilihan masing-masing siswa.

Bu Juwaenah, SPd da (kiri) dan Bu Harwati, SPd, Pengawas dari SMAN 1 Sangatta Utara saat mengawas di hari pertama sesi I

 

Sementara itu untuk petugas pengawas lintas sekolah, untuk hari Senin, 9 April 2018 yang bertugas sebagai pengawas adalah 2 orang guru dari SMAN 1 Sangatta Utara (Smansatara), yaitu Harwati, SPd dan Juwaenah, SPd. Sedangkan untuk hari Selasa adalah Eni Triswati, SPsi dan Martha Kabanga, SE, hari Rabu Juliana, SSos dan Fais Tajul Millah, MA dan untuk hari Kamis adalah Asriani, SPAK dan Mardhawati MZ, SPd.

Teknisi UNBK SMANSeL, Irwansyah, SPi saat memberi pengarahan teknis kepada peserta UNBK terkait operasional komputer

Kesuksesan pelaksanaan UNBK di SMANSeL pada hari pertama, Senin, 9 April 2018 selain karena kesiapan dan kesigapan pihak internal sekolah, juga karena peran penting dari pihak instansi Perusahaan Listrik Negara (PLN) Cabang Sangatta yang juga memberi perhatian penuh atas ketersediaan pasokan aliran listrik demi mendukung lancar dan suksesnya pelaksanaan UNBK yang merupakan kegiatan yang berskala nasional.

Suasana pelaksanaan UNBK hari pertama, Sesi I SMAN 1 Sangatta Selatan, Senin, 9 April 2018

“Kami tentunya sangat berterimakasih kepada pihak PLN yang juga mendukung pelaksanaan UNBK di sekolah kami, dan kami sangat berharap kondisi yang baik dan stabil penyediaan pasokan listrik untuk UNBK ini dapat terus berjalan hingga akhir pelaksanaan UNBK pada hari Kamis lusa nanti” ujar Tatik Widayani, MPd, Kepala SMAN 1 Sangatta Selatan.

Dari kiri: Irwansyah, SPi (Teknisi UNBK SMANSeL), Juwaenah, SPd dan Harwati, SPd (Pengawas dari SMANSA)

 

“Terimakasih kepada bapak-ibu guru yang telah membantu penyiapan komputer untuk UNBK ini sehingga pelaksanaan UNBK dapat berjalan dengan baik,” ujar Irwan.

Kunjungan Dewan Pendidikan Provinsi Kaltim

Hari pertama pelaksanaan UNBK di SMANSeL dihadiri oleh utusan petugas monitoring dari Tim Dewan Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur (DPPKT), yaitu Bowo Lestono, SE, Msi bersama stafnya yang sengaja datang ke SMANSeL untuk melakukan pemantauan atas pelaksanaan UNBK, khususnya di SMANSeL.

Kegiatan pemantauan dari pihak Dewan Pendidikan Provinsi tersebut dimaksudkan untuk menghimpun informasi kinerja sekolah dalam memenuhi target ketercapaian program yang merujuk pada pemenuhan target prosedur operasional standar (SOP) Ujian Nasional 2017-2018 dengan fokus kepada beberapa pemenuhan komponen POS.

Di samping itu, menurut Bowo Lestono, SE Msi, kegiatan pemantauan oleh Dewan Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur ini juga bertujuan untuk menjaring informasi dari sekolah tentang pelaksanaan Ujian Nasional 2017-2018, di mana data hasil pemantauan ini akan dijadikan sebagai bahan masukan bagi kebijakan pelaksanaan Ujian Nasional 2018-2019 di masa yang akan datang.

“Mohon blanko ini diisi dengan sejujurnya, karena ini akan sangat berguna bagi kami dalam memberikan masukan bagi terselenggaranya Ujian Nasional yang lebih baik pada tahun pelajaran 2018-2019 yang akan datang” pinta Bowo Lestono.

Dari beberapa item pertanyaan yang diajukan oleh pihak Tim Monitoring Dewan Pendidikan Provinsi Kaltim terdapat satu kendala yang kerap menjadi hambatan bagi SMAN 1 Sangatta Selatan dalam pelaksanaan UNBK dalam 2 tahun terakhir ini, yaitu penyediaan genset yang representatif untuk antisipasi jika terjadi pemadaman secara mendadak dari pihak PLN, sebab selain pengadaan atau biaya sewa genset yang relatif mahal juga karena biaya sewa genset tersebut tidak tercover kedalam mata anggaran untuk UNBK. (Admin)

Author

admin

Smanselkutim is a State of Senior High School located in Sangatta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Arsip
Kategori

Visi SMANSeL: "Terwujudnya Insan Yang Cerdas, Religius dan Berbudaya"